twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Life-ex photo banner-211_zps596e9fc0.jpg

Monday, May 6, 2013

Home » , , » Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah

Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah


Siapa yang berminat membaca karya tulis ilmiah yang disajikan secara ruwet atau melompat-lompat? Tentu tidak bukan?  Atau apakah menulis artikel ilmiah harus ditaburi istilah yang berat dengan ungkapan bahasa yang kaku, dingin, ngejelimet? Ternyata tidak. Ada cara cerdas agar artikel ilmiah kita bisa tampil komunikatif yang tentunya dilandasi proses berpikir kritis-reflektif sebagai “roh” penulisan karya tulis ilmiah itu sendiri, bagaimana caranya?

Wahyu  Wibowo melalui buku Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah, akan menguraikan dengan mudah jalan baru menulis artikel ilmiah yang selama ini dianggap sebagai pekerjaan yang menyiksa. Seperti halnya bagaimana memanfaatkan tata permainan bahasa yang komunikatif, tindak tutur dalam penulisan, penalaran, dan sebagainya.

Memang dalam buku ini Anda tidak akan menemukan panduan atau cara praktis menulis artikel ilmiah karena bukan itu yang menjadi penekanan penulis. Jika diperhatikan hal yang hendak disampaikan oleh penulis adalah bagaimana pola pikir kita dalam menulis, sehingga tidak heran jika kita akan menemukan penulis membahas dari filsafat bahasa biasa hingga penalaran dan kekeliruan nalar yang dibingkai dalam konteks artikel ilmiah. Namun meski demikian melalui buku ini Anda akan “dipaksa” menjadi penulis yang cerdas. Karena penulis berupaya menampilkan cara cerdas perihal tulis-menulis karya tulis ilmiah mengingat selama ini tulis-menulis karya tulis ilmiah dianggap sebagai kegiatan yang membosankan dan tentunya menyiksa.

Terdiri dari lima bab, penulis membahas secara mendalam namun praktis sehinga buku ini akan membuka jendela wawasan Anda tentang bagaimana berpikir kritis dan reflektif, bagaimana sikap ilmiah yang komunikatif serta bagaimana tindak tutur dalam penulisan karya tulis ilmiah yang akan menolong kita menjadi penulis yang cerdas.

Buku ini memang pertama-tama diperuntukkan bagi masyarakat akademik baik dosen, peneliti, maupun mahasiswa. Akan tetapi mengingat buku ini ditulis memalui perspektif kritis aliran Filsafat Bahasa Biasa dan dimaksudkan lebih sekadar penunjang buku teks, maka buku ini dapat di baca masyarakat umum yang berminat dalam tulis-menulis karya ilmiah. Buku yang layak Anda baca dan simak sebagai bahan referensi bagaimana cara berpikir ketika kita menulis sebuah karya tulis ilmiah.

Detail Buku

Judul asli     : Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah
Penulis         : Wahyu Wibowo
Penerbit       : Kompas Buku
Cetakan       : Pertama, Januari 2011
Tebal           : xvi + 180

Akhirnya selamat berekspedisi menelusuri cakrawala ilmu dan selamat membaca ^_^

3 comments:

Thanks so much for taking the time to leave a comment :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis