twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Life-ex photo banner-211_zps596e9fc0.jpg

Wednesday, November 27, 2013

Home » » Dari Terobosan Kecil

Dari Terobosan Kecil


Kepemimpinan dan mahasiswa adalah dua kekuatan dasyat di muka bumi ini. Bersama-sama, keduanya telah menggerakkan jalannya sejarah. Sejarah nasional telah mencatat peranan kaum mahasiswa dalam tumbuh kembangnya bangsa Indonesia. Misalnya, tahun 1998 mahasiswa secara kolektif berhasil menumbangkan rezim Orde Baru dan menancapkan tonggak pemerintahan yang lebih demokratis. Luar biasa, bukan?


Melihat potensi besar ini, mahasiswa sebagai bibit kepemimpinan masa depan harus menempa dirinya menjadi seorang pemimpin handal sejak dini. Senat kampus merupakan sarana yang paling baik untuk belajar menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan. Terobosan kecil seperti komitment tepat waktu dalam rapat senat adalah langkah awal menjadi pemimpin tegas dan antikorupsi. Menjunjung tinggi komitment dan tanggung jawab untuk tepat waktu berarti kita membunuh cikal-bakal budaya korup, terutama terkait waktu. Selain itu, dalam ranah personal, sebagai mahasiswa harus dengan tegas mengatakan tidak pada plagiarisme. Mahasiswa harus mampu berpikir kritis, jujur dan jernih dalam melaksanakan tugas kuliahnya.


Akhirnya, para pecundang akan menghabiskan waktunya dengan bermimpi bahwa hari terobosan besar akan tiba, sambil berharap gaungnya akan mempengaruhi dunia. Mereka terlelap dalam mimpi tanpa aksi sedikitpun. Sedangkan para pemenang tidak menghabiskan waktu dengan bermimpi saja. Satu terobosan kecil tiap hari melatih dirinya menjadi pemimpin berintegritas, tegas dan berbudi luhur. Oleh karena itu, marilah para mahasiswa, agent of change, lakukan terobosan kecil tiap hari niscaya negeri ini tidak akan pernah absen pemimpin yang mampu membuat perubahan positif.

No comments:

Post a Comment

Thanks so much for taking the time to leave a comment :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis