"Some books are to be tasted, others to be swallowed, and some few to be chewed and digested." [Francis Bacon]
Saya terkesan
akhirnya bisa mencicipi sebuah buku monumental karya penulis ternama
mancanegara. Buku berjudul How
To Read a Book bagi saya merupakan buku terbaik yang membahas ihwal
teknik membaca.
Edisi terjemahan
bahasa Indonesia berjudul How
to Read a Book: Cara Jitu Mencapai Puncak Tujuan Membaca merujuk
pada edisi revisi tahun 1972. Pada edisi revisi ini telah terjadi banyak
perubahan dalam masyarakat, termasuk mengenai subjek membaca itu sendiri
sehingga perlu penyesuaian.
Adler membagi buku
ini ke dalam empat bagian utama, yaitu dimensi membaca, level ketiga: membaca
analitis, pendekatan dalam membaca berbagai literatur, dan puncak tujuan
membaca. Masing-masing bagian tersebut dirinci ke dalam beberapa subbagian.
Bagian pertama
tentang Dimensi Membaca berisi hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas membaca
secara umum serta level dasar dalam kegiatan membaca. Pada bagian ini pembaca
diajak untuk merefleksikan tahapan membaca yang pernah dilalui dimana Adler
mengungkapkan hasil riset mengenai belajar membaca. Belajar membaca dari masa
kanak-kanak hingga kemampuan membaca dewasa dibagi menjadi empat tahapan, yaitu
kesiapan membaca yang dimulai sejak lahir hingga usia enam atau tujuh tahun,
anak belajar membaca materi yang sangat sederhana dengan keberhasilan umum
menguasai beberapa ratus kata pada tahun pertama, bertambahnya kosakata secara
cepat dan meningkatnya keterampilan “menyingkap” arti kata-kata yang kurang
familiar dengan dengan bantuan konteks, dan peningkatan berbagai keterampilan
yang telah diperoleh. Inilah yang disebut dengan membaca dasar.
Bagian kedua mengulas
level ketiga dalam membaca, yaitu membaca Analitis. "Membaca buku analitis adalah
mengunyah dan mencernanya."(hal.19). Berbeda dengan dua
level sebelumnya, konteks level membaca analitis adalah bagaimana pembaca mampu
membaca keseluruhan isi buku. Adler menawarkan kiat yang dibagi menjadi tiga
tahap. Pada tahap pertama, pembaca perlu mengklasifikasikan buku dengan
memahami judul buku dan membedakan mana buku teoritis maupun praktis; menembus
pandang buku dengan memahami alur dan struktur penulisan buku serta yang tidak
kalah pentingnya menemukan tujuan penulis dalam hal ini adalah mengungkap
adanya masalah yang sedang dipecahkan penulis.
Bagian tiga memberitahu kita bagaimana membaca berbagai literatur termasuk
buku praktis, literatur imajinatif, cerita, drama, puisi, sejarah, filsafat,
ilmu pengetahuan, matematika dan ilmu sosial. Tiap
jenis tulisan memiliki kosakata sendiri, proposisi, argumen, dan pertanyaan
yang harus ditanyakan. Bagian
ini sangat bermanfaat dalam menerapkan aturan dasar membaca dengan jenis sastra
yang harus dibaca.
Bagian akhir dari buku ini didedikasikan untuk tujuan akhir dari membaca. Idenya adalah untuk membaca sejumlah buku tentang topik yang diberikan, seobjektif mungkin, dan menahan penghakiman dan kritik dari semua buku sampai kita memahami perspektif yang berbeda.
Selain memaparkan
konsep dan teknik membaca, buku ini juga disertai lampiran yang berisi buku
anjuran, latihan dan tes untuk empat level membaca yang dilengkapi kunci
jawaban. Dengan lampiran ini pembaca diharapkan dapat langsung mempraktikkan
kemampuan membacanya.
Buku yang sangat
baik! Buku ini akan mengantar kita Mencapai
Puncak Tujuan Membaca. Saya sangat merekomendasikan untuk dibaca.
Judul Buku : How to Read a Book: Cara Jitu Mencapai
Puncak Tujuan
Penulis : Mortimer J Adler dan
Charles Van Doren
Halaman : xxiv + 526 halaman
Penerbit : iPublishing, Jakarta 2007
Saya juga tertarik, dimana bisa mendapatkannya?
ReplyDeleteKebetulan di Blok M Jakarta masih tersedia :)
Delete