twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Life-ex photo banner-211_zps596e9fc0.jpg

Monday, November 4, 2013

Home » , » How to Read a Book: Cara Jitu Mencapai Puncak Tujuan Membaca

How to Read a Book: Cara Jitu Mencapai Puncak Tujuan Membaca



"Some books are to be tasted, others to be swallowed, and some few to be chewed and digested." [Francis Bacon]


Saya terkesan akhirnya bisa mencicipi sebuah buku monumental karya penulis ternama mancanegara. Buku berjudul How To Read a Book bagi saya merupakan buku terbaik yang membahas ihwal teknik membaca.

Edisi terjemahan bahasa Indonesia berjudul How to Read a Book: Cara Jitu Mencapai Puncak Tujuan Membaca merujuk pada edisi revisi tahun 1972. Pada edisi revisi ini telah terjadi banyak perubahan dalam masyarakat, termasuk mengenai subjek membaca itu sendiri sehingga perlu penyesuaian.

Adler membagi buku ini ke dalam empat bagian utama, yaitu dimensi membaca, level ketiga: membaca analitis, pendekatan dalam membaca berbagai literatur, dan puncak tujuan membaca. Masing-masing bagian tersebut dirinci ke dalam beberapa subbagian.

Bagian pertama tentang Dimensi Membaca berisi hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas membaca secara umum serta level dasar dalam kegiatan membaca. Pada bagian ini pembaca diajak untuk merefleksikan tahapan membaca yang pernah dilalui dimana Adler mengungkapkan hasil riset mengenai belajar membaca. Belajar membaca dari masa kanak-kanak hingga kemampuan membaca dewasa dibagi menjadi empat tahapan, yaitu kesiapan membaca yang dimulai sejak lahir hingga usia enam atau tujuh tahun, anak belajar membaca materi yang sangat sederhana dengan keberhasilan umum menguasai beberapa ratus kata pada tahun pertama, bertambahnya kosakata secara cepat dan meningkatnya keterampilan “menyingkap” arti kata-kata yang kurang familiar dengan dengan bantuan konteks, dan peningkatan berbagai keterampilan yang telah diperoleh. Inilah yang disebut dengan membaca dasar.

Bagian kedua mengulas level ketiga dalam membaca, yaitu membaca Analitis. "Membaca buku analitis adalah mengunyah dan mencernanya."(hal.19). Berbeda dengan dua level sebelumnya, konteks level membaca analitis adalah bagaimana pembaca mampu membaca keseluruhan isi buku. Adler menawarkan kiat yang dibagi menjadi tiga tahap. Pada tahap pertama, pembaca perlu mengklasifikasikan buku dengan memahami judul buku dan membedakan mana buku teoritis maupun praktis; menembus pandang buku dengan memahami alur dan struktur penulisan buku serta yang tidak kalah pentingnya menemukan tujuan penulis dalam hal ini adalah mengungkap adanya masalah yang sedang dipecahkan penulis.

Bagian tiga memberitahu kita bagaimana membaca berbagai literatur termasuk buku praktis, literatur imajinatif, cerita, drama, puisi, sejarah, filsafat, ilmu pengetahuan, matematika dan ilmu sosial. Tiap jenis tulisan memiliki kosakata sendiri, proposisi, argumen, dan pertanyaan yang harus ditanyakan. Bagian ini sangat bermanfaat dalam menerapkan aturan dasar membaca dengan jenis sastra yang harus dibaca.

Bagian akhir dari buku ini didedikasikan untuk tujuan akhir dari membaca.
Idenya adalah untuk membaca sejumlah buku tentang topik yang diberikan, seobjektif mungkin, dan menahan penghakiman dan kritik dari semua buku sampai kita memahami perspektif yang berbeda.
Selain memaparkan konsep dan teknik membaca, buku ini juga disertai lampiran yang berisi buku anjuran, latihan dan tes untuk empat level membaca yang dilengkapi kunci jawaban. Dengan lampiran ini pembaca diharapkan dapat langsung mempraktikkan kemampuan membacanya.

Buku yang sangat baik! Buku ini akan mengantar kita Mencapai Puncak Tujuan Membaca. Saya sangat merekomendasikan untuk dibaca.

Judul Buku : How to Read a Book: Cara Jitu Mencapai Puncak Tujuan
Penulis       : Mortimer J Adler dan Charles Van Doren
Halaman     : xxiv + 526 halaman
Penerbit     : iPublishing, Jakarta 2007

2 comments:

  1. Saya juga tertarik, dimana bisa mendapatkannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan di Blok M Jakarta masih tersedia :)

      Delete

Thanks so much for taking the time to leave a comment :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis