twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Life-ex photo banner-211_zps596e9fc0.jpg

Wednesday, May 22, 2013

Home » » Anger = Danger

Anger = Danger


Anger=Danger
Kemarahan adalah reaksi emosi yang wajar setiap manusia. Semua orang tentu pernah mengalami kemarahan. Tidak ada orang yang terbebas dari kehadirannya atau kebal terhadapnya.



Kemarahan seseorang dapat menjadi suatu hal yang baik, membangun, menegakkan kebenaran dan keadilan (ekspresi dari human righteous anger). 

Contoh ini kita dapati pada sosok Tuhan Yesus dan Musa. Menurut kesaksian Alkitab mereka pernah mengekspresikan kemarahan mereka, marah karena melihat dosa umat manusia. Namun pada sisi lain tidak dapat dipungkiri bahwa kemarahan juga dapat menjadi suatu hal yang buruk dan menghancurkan (human sinful anger), tidak sedikit kita jumpai orang memiliki rasa kepahitan akibat kata-kata tajam dan menusuk keluar dari mulut sesama yang sedang mengekspresikan kemarahannya. Ketika kita marah (anger), kita selangkah lebih dekat dengan bahaya (danger). So, kenali kemarahanmu dan manage kemarahan kita dengan tepat ^_^

Mengenali Kemarahan

Kemarahan yang tak terkendali
Kemarahan jenis inilah yang membawa kita pada bahaya (danger). Orang yang punya amarah ini akan cenderung melampiaskannya dengan emosi yang destruktif seperti memukul, membanting, berkata-kata kasar, dsb. Amarah ini sangat berbahaya karena selain menyakiti orang lain atau diri sendiri juga mendatangkan dosa yang berujung kepada maut.

Kemarahan Tanpa Sebab
Amarah menjadi hal yang tidak tepat jika kita tidak punya alasan yang jelas mengapa kita marah.

Kemarahan karena Kasih
Amarah dengan alasan yang tepat bisa mengekspresikan kasih kita kepada seseorang. Misalnya amarah karena orang yang kita kasihi berbuat salah, amarah orang tua yang melihat anaknya tidak taat. Amarah dengan kasih akan diungkapkan dengan cara yang baik, tidak dengan emosi yang tak terkendali. Amarah dirancang untuk memotivasi kita mengambil tindakan positif saat kita menjumpai ketidakadilan ataupun sesuatu yang keliru.

“Any body can become angry. That is easy.
But to be angry with the right person and to the right degree and
at the right time and for the right purpose and in the right way
that is not  within everybody’s power and is not easy.”
(Aristoteles)

 >>> Gimana sobat apakah hari ini sobat sedang marah?

No comments:

Post a Comment

Thanks so much for taking the time to leave a comment :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis