twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Life-ex photo banner-211_zps596e9fc0.jpg

Thursday, May 2, 2013

Home » , , , , , » Cara Andal Jadi Tenar

Cara Andal Jadi Tenar

Bohong kalau Anda tidak ingin terkenal. Ketika Anda membaca tulisan ini, barangkali itu merupakan bukti bahwa Anda rindu untuk dikenal. Hal ini wajar, sebab siapapun pasti ingin terkenal dan dikenal, begitu pula saya.

Tujuan hidup manusia memang bukan hanya untuk menjadi terkenal semata, tapi untuk berbagi dan memberi manfaat kepada orang lain. Namun alangkah baiknnya jika kedua hal ini menjadi satu. Ibarat dua sisi mata uang, di sisi yang lain kita memberi manfaat kepada orang lain, di sisi yang lain kita dikenal oleh banyak orang. Pendek kata, terkenal adalah konsekuensi logis dari kegiatan berbagi. Jadi sebenarnya kita bisa saja terkenal lewat kegiatan berbagi, dalam hal ini yang saya maksudkan adalah berbagi lewat ide. Sebuah ide yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Siapa yang tidak kenal JK Rowling. Semula ia hanyalah sosok ibu rumah tangga biasa yang tak dikenal banyak orang. Namun karena kebiasaannya menulis lahirlah sebuah buku fenomenal berjudul Harry Potter yang laris manis itu. Bahkan kini ia menjadi salah satu perempuan terkaya dan paling populer di dunia. Hanya lewat tulisan!

Andrea Hirata, sebelum menulis catatan harianya, hanya anak muda biasa-biasa saja. Namun begitu buku hariannya dituangkan dalam buku Laskar Pelangi mendadak menjadi sosok yang dikenal banyak orang. Sekali lagi hanya lewat tulisan!

Contoh lain yang mendapat berkah luar biasa dari menulis di era ini adalah Raditya Dika yang kemudian di susul oleh Benazio Rizki Putra (Benakribo). Gara-gara rajin menulis di blog, kedua pemuda ini menjadi terkenal setelah catatan harian mereka dibukukan. Dan saya kira masih banyak contoh lain yang berhasil meraih popularitas lewat tulisan mereka.

Saat ini kita hidup di zaman tanpa batas. Hadirnya era teknologi informasi seperti sekarang memungkinkan siapapun menyapaikan pesan, gagasan dan berbagi informasi kepada semua khalayak tanpa dibatasi tempat dan waktu. Jika kita jeli dan peka sebenarnya di sinilah celah yang kita bisa menfaatkan untuk meraih ketenaran. Jadi siapapun kita, kini kita bisa terkenal. Menulis adalah satu jembatan yang bisa kita dimanfaatkan. Lewat tulisan kita bisa menjadi orang terkenal, setidaknya terkenal di lingkungan teman-teman kita, syukur-syukur  kita bisa menjadi Public Figure.

Hadirnya New Media seperti Facebook, Twitter, Blog dan sebagainya menyediakan kita tempat dan kemudahan untuk menuangkan buah pikiran kita dalam bentuk tulisan. Saat ini tulisan-tulisan di New Media konon lebih punya gaung ketimbang tulisan di surat kabar. Dengan demikian New Media memberikan kita berjuta kemungkinan untuk menjadikan kita terkenal lewat tulisan.

Memang menulis adalah sebuah kegiatan yang sangat memakan waktu, namun tidak termakan oleh waktu, ditulis pada satu tempat namun tersebar di berbagai tempat, dipikirkan oleh satu orang namun diserap ribuan hingga jutaan orang. Menulis adalah kegiatan yang melampaui zaman.

Takut salah menulis adalah sebuah alasan yang sering kita diajukan, namun alasan ini seharusnya tidak cukup kuat untuk menahan diri kita untuk menulis. Bukankah menulis pun, layaknya seperti olahraga dan keahlian lainnya membutuhkan latihan? 

Menulis sebenarnya mudah jika kita memulainya sejak saat ini juga. Konon seorang penulis kenamaan pernah bertutur bagaimana menjadi penulis andal adalah dengan mulai menulis sekarang juga! Praktek yang paling gampang adalah dengan menulis di buku harian kemudian memanfaatkan layanan microblogging seperti Facebook dan Twitter. Inilah awal yang baik menjadi penulis andal.

Zaman ini memungkinkan semua orang bisa menjadi penulis dan tentunya menjadi terkenal (lewat New Media tadi). Sehingga, masalahnya sekarang apakah Anda akan mengambil keputusan menulis atau tidak, itu saja. Mungkin awalnya tulisan kita akan dipandang sebelah mata bahkan mungkin tidak digubris, tetapi akan tiba harinya kita menuai apa yang sudah kita kerjakan dengan gairah itu. Sebuah ketenaran yang diperoleh lewat tulisan yang original, unik dan memberi manfaat bagi orang lain. Curamnya jurang pengabaian yang kita terima justru akan menjadi landasan pacu kita untuk menulis dan terus menulis. Tulisan yang “berisi” dan mencerahkan, tulisan yang memberikan jawaban di saat-saat tak terduga. Tulisan yang dapat menginspirasi orang lain.

Akhirnya, tiap kita dianugerahi waktu yang sama yakni 24 jam. Jadi, tidak ada alasan tidak punya waktu untuk menulis. Adanya kemudahan yang disajikan New Media, menulis merupakan kegiatan yang kelak akan menjembatani kita untuk meraih ketenaran. Sekarang mari, mulailah menulis dan raihlah ketenaran.

Image source:  
ca.shine.yahoo.com
www.bang2write.com
www.seanbanville.com
www.geraldbusinge.com    

No comments:

Post a Comment

Thanks so much for taking the time to leave a comment :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis