twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Life-ex photo banner-211_zps596e9fc0.jpg

Sunday, July 3, 2011

Home » , » Mengendalikan Pikiran Liar

Mengendalikan Pikiran Liar








Manusia itu mahluk yang berpikir. Itulah yang membedakannya dari mahluk ciptaan Tuhan yang lain. Tumbuhan-tumbuhan dan binatang tidak dapat berpikir. Hanya manusia yang diciptakan  dengan gambar dengan-Nya, Imago Dei itulah yang punya kemampuan berpikir.


Dengan pikiranya manusia dapat menciptakan sesuatu yang berguna. Ya, berguna untuk kemuliaan Tuhan dan kepentingan sesama. Penemuan-penemuan besar lahir karean ada orang-orang yang berpikir tentang itu. Dunia ilmu pengetahuan berkembang pesat karena ada pribadi-pribadi yang memikirkannya siang dan malam. Untuk hal-hal positif tertentu kita sangat berterima kasih. Namun disisi lain kehancuran bisa juga timbul karena pikiran. Terutama pikiran-pikiran liar. Banyak contoh disekitar kita tentang hal ini. Banyak keluarga hancur berawal dari pikiran. Perhatikanlah SMS seseorang berikut:


Saya sudah berkeluarga dengan suami yang baik, bakhan terlalu baik buat saya. Dalam rumah tangga kami semuanya normal walaupun sampai sekarang belum dikarunia anak. Namun, akhir-akhir ini saya terlalu memikirkan mantan pacar saya dulu. Secara fisik saya tidak bersselingkuh tapi hati dan pikiran saya tidak lagi untuk suami saya.



KONTROL


Pikiran itu perlu dikontrol. Mengapa? Kalau tidak ia akan memikirkan hal-hal yang tidak bermanfaat. Bukankah percuma membuang energi untuk hal-hal yang tidak berfaedah? Rasul Paulus menuliskan kepada jemaat di Filipi. “Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” (4:8). Semua hal-hal yang berfaedah itulah yang patut dipikirkan. Suatu yang merusak dan merugikan perlu dihindari. Kitalah yang harus menguasai, bukan sebaliknya. Membiarkan diri berlarut-larut dalam pikiran yang kurang membangun akan berbahaya. Orang berkata: “Anda adalah apa yang Anda pikirkan.”


Memikirkan mantan pacar misalnya, membuka peluang untuk berselingkuh secara emosional dan fisik. Cepat atau lambat, hal itu akan terjadi. Dengan pertimbangan rasio yang sehat kita dimampukan untuk mengontrol pikiran ini. Dengan konsisten memikirkan hal-hal yang bermanfaat menjauhkan seseorang dari pemikiran yang tidak terpuji.



MELEKAT PADA TUHAN


Banyak orang tak berdaya untuk mengontrol pikirannya yang liar. Hal ini dapat dimaklumi. Dosa telah merusak pikiran manusia yang seharusnya terarah pada Kristus. Karena itu manusia harus bergaul erat dengan Tuhan. Sama seperti Nuh dizamannya. Ketika semua orang memebelakangi Tuhan, ia memilih bergaul dengan-Nya. Istilah bergaul identik dengan walking with God, berjalan bersama Allah.


Terkadang manusia terkapar tak berdaya menghadapi godaan. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena pergaulan dengan Tuhan yang renggang. Mungkin doa atau saat teduh mulai jarang. Akibatnya ketika pikiran liar datang, tanggul pertahananpun jebol.


Kedekatan dengan Allah memagari kita dari segala perbuatan yang melawan kehendak Allah. Semakin dekat dengan Allah kita semakin membenci dosa. Sebaliknya, semakin jauh dari Allah, manusia makin mengasihi dosa dan membenci dosa.



BERADA DALAM KOMUNITAS


Memelihara kehidupan yang kudus bukan hal mudah. Ada saatnya kita menjadi lemah dalam iman. Disaat itulah kita membutuhkan sahabat yang menguatkan. Ketika kita memikirkan orang lain yang bukan pasangan misalnya, disaat itulah sahabat mengingatkan kita.


Komunitas itu penting. Melalui komunitas  orang beriman akan saling membangun. Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa komunitas adalah kebutuhan orang beriman masa kini. Godaan makin hebat, seharusnya komunitasjuga makin kuat.


Dengan mengontrol pikiran, melekat pada Tuhan, dan berada dalam komunitas yang sehat membuat kita terhindar dari pikiran liar yang melawan Allah dan firman-Nya. 

Sumber: Artikel Majalah Bahana edisi Mei 2011 Vol 241. Oleh Aulliasiska P.








No comments:

Post a Comment

Thanks so much for taking the time to leave a comment :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis