twitterfacebookgoogle plusrss feedemail
Life-ex photo banner-211_zps596e9fc0.jpg

Saturday, April 27, 2013

Home » , , , » MANUSIA DAN TEKNOLOGI HIJAU

MANUSIA DAN TEKNOLOGI HIJAU



Teknologi Hijau Daihatsu
Di bumi inilah manusia secara nyata menjalankan kehidupannya yang saling terkait dan saling bergantung dengan seluruh ciptaan lain. Bumi yang di dalamnya terdapat berjuta kehidupan. Di sinilah seluruh mahluk hidup menggantungkan kehidupannya. Bumi tidak sekadar menjadi wadah tempat manusia dan ciptaan lainnya hidup, melainkan bagian dari hidup itu sendiri, bahkan mewakili seluruh kehidupan itu sendiri.

Bumi adalah warisan yang Sang Pencipta percayakan bagi manusia. Menjadi manusia merupakan suatu yang istimewa. Dengan keistimewaan itu manusia dimampukan mengorganisir, mangawasi, mengembangkan dan bertanggung jawab terhadap bumi. Inilah dimensi yang unik dan spesifik dari manusia. 

Dalam upaya memenuhi kebutuhannya, manusia sangat bergantung pada alam. Dalam kenyataan ini manusia tidak hanya berupaya menyelaraskan hidupnya dengan alam, tetapi juga berupaya menguasai dan menaklukkan alam. Dalam pemahaman dan kesadaran diri inilah, tidak jarang terjadi penyalahgunaan keunggulan diri manusia terhadap ciptaan lain. Di sinilah puncak masalahnya manusia bukan lagi menjadi penatalayan namun sudah menjadi penguasa atas bumi ini. Untuk memenuhi dahaga kehidupan, sekaligus memenuhi tuntutan kenyamanan bagi negara-negara maju, manusia sepertinya tidak pernah lelah berlomba untuk menguras hampir semua sumber daya alam yang dititipkan.

Tidak heran jika kata Eco-Justice, Save Earth, Go Green, Greentech dan sebagainya, seakan menggema di seantero jagad. Tulisan-tulisan mengenai topik di atas saat ini mulai menjamur. Studi dan diskusi tentang isu lingkungan kian ramai dan makin berkembang di berbagai kalangan. Kenyataan ini membuktikan bahwa isu tentang lingkungan hidup adalah isu yang krusial dan masalah serius yang perlu diresponi secara cepat, bijak dan mendalam.

Pemahaman dan cara pandang orang terhadap lingkungan hidup akan mempengaruhi sikap mereka dalam memperlakukan alam. Lihat saja ketika manusia menjadikan dirinya pusat di bumi maka ia akan memandang alam hanya bernilai sebagai alat atau materi saja. Manusia dan kepentingannya dianggap yang paling menentukan dalam tatanan ekosistem. Alam dilihat hanya sebagai objek, alat, dan sarana bagi pemenuhan kebutuhan dan kepentingan manusia. Alam hanya bernilai sejauh menunjang kepentingan manusia. Tentu pandangan seperti itu menghasilkan sikap yang tidak bersahabat dengan alam.

Hari-hari ini kian banyak orang menyoroti kerusakan lingkungan hidup. Kita merasakan bumi yang makin panas, banjir, serta pencemaran udara, air, dan tanah; semua itu adalah masalah yang menimbulkan banyak dampak negatif bagi manusia. Gaya hidup manusia yang tidak ramah lingkungan dan eksploitasi alam yang berlebihan telah membuat alam ini berduka. Lingkungan hidup menjadi rusak dan terjadilah ketidakadilan ekologi.

Melihat kenyataan ini berbagai pihak berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah teknologi ramah lingkungan. Teknologi yang mampu memanfaatkan energi alternatif serta dapat mengurangi dampak buruk kerusakan lingkungan. Berbagai pihakpun kini gencar melakukan penelitian guna menciptakan teknologi yang benar-benar ramah lingkungan seperti teknologi hijau.

Teknologi hijau sendiri saat ini memang sangat dibutuhkan untuk mengurangi dampak negatif dari aktivitas manusia terhadap lingkungan yang kian hari kian parah. Teknologi hijau bertujuan untuk menekan penyebab kerusakan lingkungan serta pengurangan sumber daya alam ini. Lagi pula teknologi hijau merupakan alternatif terbaik karena manusia tidak bisa terus menerus menggunakan teknologi yang justru memperburuk kondisi lingkungan saat ini.

Dalam industri otomotif sendiri, Daihatsu adalah salah satu produsen mobil yang serius menaruh perhatian terhadap teknologi hijau. Pabrikan otomotif asal Jepang ini terus berinovasi untuk menciptakan teknologi hijau yang benar-benar ramah lingkungan. Daihatsu merupakan produsen otomotif yang telah berkiprah selama 105 tahun yang terus fokus pada produksi mobilnya yang terkenal ramah lingkungan. Hingga kini Daihatsu terus melakukan penelitian-penelitian dan mengembangkan teknologi berkualitas untuk produknya dengan memanfaatkan teknologi yang terbaru dan canggih untuk masa depan yang lebih baik.

Kehadiran produsen Daihatsu dengan teknologi hijaunya tentu membawa angin segar, produk mobil berkualitas dengan harga terjangkau serta ramah lingkungan merupakan dambaan setiap masyarakat di era ini. Hingga kini Daihatsu terus berkomitmen untuk menghadirkan kendaraan yang bersahabat dengan manusia dan bumi. Mereka terus melakukan riset teknologi untuk diterapkan dalam tiap mobil produksinya demi peningkatan kualitas lingkungan baik saat ini maupun untuk masa depan.

Teknologi Hijau
Baru-baru ini Daihatsu memperkenalkan teknologi hijau untuk mobil keluaran mereka yang dikembangkan dalam tiga tahapan teknologi yang tentunya mendukung kampanye penghijauan, hemat serta anti polusi. Adapun ketiga tahapan teknologi yang digagas oleh Daihatsu adalah sebagai berikut:




Lomba blog Teknologi Hijau Daihatsu
Tahap pertama, mereka menyebutnya "Eco-IDLE", teknologi hijau ini mampu mengatur start dan stop mesin mobil secara otomatis. Dalam kondisi macet tentu ini sangat diperlukan untuk efisiensi bahan bakar dan tentunya dengan mobil dalam kondisi mati maka mesin tidak akan mengeluarkan gas emisi berlebihan, yang membuat polusi serta memperparah pemanasan global. Selain itu pada tahapan ini mereka juga menggunakan sistem i-EGR, dengan teknologi ini mesin mampu mengeluarkan gas CO2 seminimal mungkin serta menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Gambar lomba blog teknologi hijau Daihatsu
Tahap kedua, Daihatsu menggunakan mesin turbocharged dua silinder. Dapat dipastikan dengan teknologi ini penggunaan bahan bakar akan lebih hemat, bisa mencapai 30%. Dengan teknologi ini mesin mobil terbilang lebih ringan karena penggunaan komponen lebih sedikit namun tidak mengurangi performa.

Terakhir, Daihatsu berinovasi dengan teknologi dan sistem Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell. Teknologi hijau ini hadir dalam rangka menciptakankan kendaraan yang benar-benar ramah lingkungan. Ini adalah jenis bahan bakar cair untuk mobil yang tidak memancarkan CO2 sehingga emisi gas CO2 = 0. Untuk bahan yang digunakan kendaraan menggunakan bahan dari sumber daya alam sehingga tidak perlu meroggoh kocek dalam-dalam.
Selain itu, Daihatsu fokus pada penggunaan bahan bakar cair Hidrazin Hidrat untuk mobil keluarannya. Zat ini sangat tepat untuk mobil generasi baru yang ramah lingkungan karena memiliki kepadatan energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2.
 
Kehadiran teknologi hijau yang diterapkan di setiap mobil yang diusung oleh Daihatsu merupakan bentuk realisasi dari mandat untuk memelihara bumi. Daihatsu sudah berusaha menjawab tantangan krisis lingkungan hidup yang sedang terjadi di abad ini. Hadir sebagai produsen mobil yang murah tapi tidak murahan, teknologi canggih tapi ramah lingkungan. Manusia kini sangat membutuhkan teknologi hijau demi keberlangsungan hidupnya saat ini maupun yang akan datang. Inovasi demi inovasi yang diusung Daihatsu memberikan secercah harapan menatap bumi yang hijau, air jernih dan udara segar untuk eksistensi anak cucu kita mendatang. Kehadiran dan sumbangsih Daihatsu mengkampanyekan teknologi hijau seharusnya memperbaharui paradigma kita dalam memandang dan mengapresiasi alam ini. Ingat sobat, bumi membutuhkan teknologi hijau untuk kita dan masa depan bumi sendiri.


Sumber referensi:
http://www.daihatsu.co.id/
mobil.otomotifnet.com
 Image:
www.yogahotclub.com
http://www.daihatsu.co.id/teknologi-hijau

99 comments:

  1. Wauww.. Postingan mu sangat menarik dan bermanfaat buat banyak orang gan.. Thanks for sharing and thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan.....ikutan gk gan? ya sebagai sarana belajar sih :D
      Tar besok musti kunjungi blogaul lagi nih, cari info SEO hahahah

      Delete
  2. postingannya keren gan :))

    mampir juga ya -> http://www.kevinanggara.com/2013/04/teknologihijau-ala-daihatsu-indonesia.html

    ReplyDelete
  3. artikel ulasannya keren, keep blogging dan salam kompetisi. dtunggu kunjungan baliknya ya...! trims :)

    http://achriyadi.blogdetik.com/2013/04/19/teknologi-hijau-persembahan-daihatsu-untuk-bumi-yang-lebih-baik-lagi/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u agan Arayy udah mampir.....siap segera ke TKP :)

      Delete
  4. Mantap gan! Lengkap. salam kompetisi :D

    http://artofthinking2.blogdetik.com/2013/04/21/dunia-akan-kiamat-jika-kita-tidak/

    ReplyDelete
  5. dampak positif terutama untuk manusia..slain ramah lingkungan murah tetapi tdk murahan..kualitas dapat terjamin..
    sukses untuk blogger mu bro..

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. mantebsss gan....semoga sukses ya

    ReplyDelete
  8. Menyenangkan jika banyak org mengkampanyekan 'teknologi hijau' yang harus diterapkan pada kendaraan. GO Green.
    Semoga sukses mas...

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Makasih bro Rizky udah mampir :) Keep blogging with passion :)

      Delete
  10. postingan yg bagus...

    smga DAIHATSU lbih bnyak memproduksi mobil yg tdk mencemari lingkungan...

    agar spya anal cucu kita msih bisa mrasakan lingkungan yang sejuk...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u broooo :) semoga saja Daihatsu bisa mewujudnyatakannya :)

      Delete
  11. wah, postingan ente sangar bang, goodluck ya
    hahaha :D

    ReplyDelete
  12. keren gan.. mampir mampir ke postingan saya ya di http://miqbltwkkl.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-teknologi-selamatkan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasig bray udah mampir....:) salam kompetisi ya:)

      Delete
  13. Nice Blog ^_^
    Salam Kompetisi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya udah mampir :) Keep blogging and salam kompetisi juga ^_^

      Delete
  14. penjelasan yang lengkap disetai dengan dukungan image yang keren.. bakal lolos neh gan..
    salam kompetisi..

    http://goo.gl/t1IYR

    ReplyDelete
  15. Memang keren gagasan teknologi ramah lingkungan yang diterapkan Daihatsu ini, semoga semakin banyak pihak yang sadar untuk menyelamatkan bumi dari krisis energi...

    Best Regards,
    Nenden :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang keren mbak...:) untuk kita dan bumi kita seharusnya lebih banyak lagi yang mengusung ide serupa :)

      Delete
  16. wah boleh tuh ulasannya. http://goo.gl/VgCjG

    ReplyDelete
  17. yeah, absolutely agree sama go green! nice writing.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank Jenilda ^_^ Keep Blogging & Salam Hijau

      Delete
  18. kunjungan balik gan.. hahaha
    salam hijau.. salam blogger....
    keep blogging bro....
    hijaukan bumi dengan tulisan-tulisan kita... haha

    ReplyDelete
  19. ayo hidup sehat..GOo green.:)

    ReplyDelete
  20. teknologi ternyata tidak mesti merusak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, itulah yg di usung Daihatsu ^_^

      Delete
  21. yukkk semangat hijaukan bumi dg mobil berteknologi hijau
    Gooduck :D untuk lombanyaaa
    silahkan mampir http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-itu-seger-di-bumi-irit.html

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u Icha ^_^ Selamat berkompetisi juga....

      Delete
  22. ulasan ente bagus juga gan. selamat berkompetisi :)

    ReplyDelete
  23. menarik banget ulasannya
    #salam kompetisi

    kunjungi balik ya http://azhie-anagakaci.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-daihatsu.html

    ReplyDelete
  24. mari kita dukung gerakan teknologi hijau

    ReplyDelete
  25. keren gan blognya,tulisannya renyah bgt :)
    mampir juga gan ke ardirahman.blogdetik.com :D

    ReplyDelete
  26. Yg belum mampir kesini boleh donk.. :-DGreen Technology

    ReplyDelete
  27. ikut lomba juga ya gan? Slamat berkompetisi secara sehat :D
    semoga postingan kita ini tidak semata-mata hanya memenuhi perlombaan saja, namun juga dapat menjadi bentuk kepedulian kita terhadap kondisi bumi ini serta batu loncatan untuk menjadikan bumi dimasa yang akan datang tempat yang nyaman untuk di tinggali. oleh kita, anak serta cucu kita kelak. Ayo kita dukung Daihatsu, dengan Teknologi Hijau, buat Bumi Kembali Berkicau ^_^

    ditunggu kunjugan baliknya ya ;) :
    http://akachopa.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-jadikan-bumi-kembali.html

    ReplyDelete
  28. Iya gan....lomba ini jadikan wadah aja buat mengkampanyekan Go Green. Sekaligus belajar menggali potensi diri lewat menulis ^_^
    Setuju sekali gan...seharusnya gaung "Hijau" tidak berhenti sampe di kontes blog aja tp jadi bagian hidup. Menulis menyumbangkan ide sebuah kepuasan yg tak terbayangkan gan ^_^ Salam hijau

    ReplyDelete
  29. Semoga sukses ya gan.. Terima kasih sudah mampir
    salam blogger

    ReplyDelete
  30. Kunjungan balik :)
    Keren postingannya mas bro! Good luck ya!
    Eh Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih mbak...^_^ Salam kenal juga ^_^

      Delete
  31. Sbg makhluknTuhan kita prlu brtanggung jwb akan bumi ini... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali bro....itulah panggilan kita ^_^

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. blogwalking gan...nice artikel tekonologi hijau top markotop :)

    ReplyDelete
  34. Mantep nih postingannya. Semoga tulisan para blogger menjadi startup dalam sebuah Teknologi Hijau yang dirintis oleh Daihatsu.

    http://deprito.net/website/teknologi-mobil-hijau-seberapa-penting/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan udah mampir ^_^ Setuju gan jadi start up....penyebarluasan info ttg greentch.

      Delete
  35. Replies
    1. Thank u gan.....udah mampir ^_^ Keep blogging & Salam kenal

      Delete
  36. mantap gan reviewnya.
    yang lain mampir kesini juga ya http://mhdharis.blogdetik.com/2013/05/03/daihatsu-sahabatku-teknologi-hijau-sahabat-bumiku/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan udah mampir, keep blogging & salam kenal ^_^

      Delete
  37. wahh... keren banget nih postingannya... sangat menginspirasi... jangan lupa visit, komen dan minta jempolnya ya di http://azisar.blogdetik.com/2013/05/03/generasi-teknologi-hijau-masa-depan/

    ReplyDelete
  38. mantap gan... hijaukan terus indonesia dimata dunia.

    jangan sekedar juga ikut lomba saja.tapi juga tumbuhkan komitmen kita seperti daihatsu untuk menghijaukan dunia.

    mampir sini ya... http://23djohand.blogspot.com/2013/04/technology-hijau-dari-daihatsu-untuk.html#more

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan udah mampir. Betul gan, salam hijau & selamat berkompetisi ^_^

      Delete
  39. tulisannya inspirasi banget :) semoga indonesia bisa hidup gogreen

    anyway,
    want to win a trip to korea with TOP KOREAN CELEBRITY STYLISTS & MODELS...
    join my giveaway here :)
    You can with the giveaway by purchasing any box during May 2013 with their affordable price and follow the rule on http://ollyvialaura.blogspot.com/2013/05/win-trip-to-korea-by-shout-out-i-cubox.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak udah mampir ^_^ Wah seru juga tuh rekomendasi mbak ::)

      Delete
  40. semoga tulisan kita semua ttg teknologi hijau menjadi inspirasi bagi semua kalangan terutama di negara kita :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan semoga jadi inpirasi buat pemerintah :)

      Delete
  41. saya suka dari teknologi hijau buatan daihatsu pada bagian eco idle teknologinya, jadi pas kena macet ga usah matiin mesin manual, udah otomatis mati sendiri sementara waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bray....apa lagi di kota Jakarta sangat2 fungsional bray....

      Delete
  42. emang udah saatnya teknologi beralih ke teknologi hijau supaya kerusakan bumi gak semakin parah

    ReplyDelete
  43. ikut lomba juga ya gan? Sukses ya..., postingannya bagus, komplit & keren
    salam kenal, mampir ya di tulisanku http://cindagadakara.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-cita-rasa-daihatsu.html

    ReplyDelete
  44. keren artikelnya..

    mampir juga ke blog saya ya..
    http://talking-2.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-dari-daihatsu-solusi.html

    salam kenal.. makasi :)

    ReplyDelete
  45. gan waktu lihat di bloglist ko nama yng tadinya masuk 50 besar itu beda ya, nama saya ma sampean kok ga ada ? gak ngerti saya, malah nama yng baru . apa ada 2 tahap gitu ya ?

    ReplyDelete
  46. nice post ^^
    sangat bermanfaat. ayo kita dukung go green ! ^^

    ReplyDelete

Thanks so much for taking the time to leave a comment :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis